Application Letter – Pembuatan dan Pemahaman Tentang Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris

Dear Readers,
Apakah kalian sedang membutuhkan contoh Surat Lamaran Kerja?
Bagaimana membuat Surat Lamaran Kerja yang sederhana?
Artikel hari ini akan memberikan kalian Pembuatan dan Pemahaman Tentang Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris “Application Letter”. Temukan Materi Bahasa Inggris terkait dengan penjelasan di bawah ini!
Pembuatan dan Pemahaman Tentang Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris “Application Letter”

Pemahaman Application Letter
Application Letter/ Surat Lamaran Kerja adalah surat yang dibuat dan dikirimkan oleh seseorang yang ingin bekerja di sebuah kantor, perusahaan atau pun instansi tertentu. Surat lamaran pekerjaan termasuk surat dinas atau resmi. Oleh karena itu, terdapat aturan-aturan tertentu yang harus diperhatikan dalam penulisannya.
Secara umum surat memiliki bagian-bagian seperti berikut ini:
Tempat dan tanggal pembuatan surat
Nomor surat
Lampiran
Hal atau perihal
Alamat tujuan
Salam pembuka
Isi surat yang terbagi lagi menjadi tiga bagian pokok yaitu :
1. Paragraf pembuka
2. Isi surat
3. Paragraf penutup
Salam penutup
Tanda tangan dan nama terang
Pada bacaan ini saya akan memberikan beberapa informasi seputar Surat Lamaran tentu saja dengan menggunakan format Bahasa Inggris. Walaupun format-nya sedikit berbeda tetapi perbedaan yang ada tidak terlalu mencolok dan signifikan.
Follow me, Please!
Berikut ini merupakan format dalam penulisan Surat Lamaran Pekerjaan/ Application Letter:

Pembuatan Application Letter
1. Date / Tempat dan Tanggal Pembuatan Surat
Contoh:
Bandar Lampung, 26 April 2016
Jakarta, February 4th 2016
Pastikan disaat anda menulis Date Line, tidak melebihi batas akhir waktu pengiriman surat.
Berikut ini adalah sebuah ilustrasi yang logika untuk memahami tentang Date Line:
Sebuah perusahaan memuat iklan lowongan pekerjaan/ Job Vacancy pada tanggal 20 Februari dan dalam keterangan iklan tersebut berbunyi “batas akhir untuk mengirimkan Surat Lamaran adalah pada tanggal 2 Maret” Ini berarti anda tidak boleh mengirimkan Surat Lamaran anda setelah tanggal 2 Maret, karena hal ini akan sia-sia saja. Tak ubahnya seperti menggarami lautan, yang berarti merupakan sebuah pekerjaan yang sia-sia karena kita semua tahu bahwa air laut itu asin lalu mengapa harus ditabur garam??

2. Recipient Address/ Alamat Tujuan.
Contoh:
General Television and Radio. Inc
Jln. Jendral Sudirman No 342
JAKARTA 14700
Pastikan disaat anda menulis Recipient Address dengan lengkap dan akurat. Hal ini membantu agar Surat Lamaran yang anda buat sampai tujuan dan tidak salah alamat. Hal yang perlu diperhatikan adalah :
Nama perusahaan (General Television and Radio. Inc)
Alamat Perusahaan (Jln. Jendral Sudirman No 342, JAKARTA 14700) Sertakan nama Kota dan Kode post, itu akan lebih baik.

3. Salutation/ Greeting/ Salam Pembuka
Contoh:
Dear Sir,
Dear Mr. Rudolph,
Dari contoh di atas saya menggunakan “Dear Sir,” artinya apabila anda tidak atau belum mengetahui siapa nama pemimpin/ kepala bagian di dalam sebuah perusahaan yang ingin anda lamar. Maka penggunaan contoh di atas bisa anda terapkan pada saat anda membuat Surat Lamaran. Tetapi apabila anda sudah mengetahui siapa nama pemimpin di perusahaan itu, maka anda dapat menggunakan contoh no-2 “Dear Mr. Rudolph,”

4. Opening Paragraph/ Paragraf Pembuka
Contoh:
I am writing this letter in response to your advertisement regarding Job Vacancy as General Manager published at Jakarta Post ( January 28, 2016). I am interested in applying for that position. Please find attached files of my CV and other required documents.
Saya menulis surat ini dalam menanggapi iklan Anda mengenai Lowongan Kerja sebagai Manejer Umum diterbitkan di Jakarta Post (April, 28, 2016). Saya tertarik untuk melamar posisi tersebut. Silakan menemukan file lampiran dari CV dan dokumen lain yang diperlukan.
Simak bagian ini! Pada Paragraf Pembuka ada beberapa hal yang harus anda pahami:
1. Posisi maksudnya adalah Pada Paragraf Pembuka, anda akan menulis tentang salah satu posisi atau jabatan yang ada dalam Iklan Lowongan Pekerjaan/ Job Vacancy. Dalam contoh di atas posisi atau jabatannya adalah sebagai General Manager (as General Manager). Anda bisa memilih posisi sesuai dengan kebutuhan yang ada di suatu perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan tentunya. Pastikan anda memiliki kualifikasi yang dibutuhkan.

2. Sumber Informasi maksudnya adalah pada Paragraf Pembuka, anda bisa (hal ini tidak wajib) menuliskan tentang darimana anda mendapatkan sumber mengenai Lowongan Pekerjaan itu. Tetapi bilamana anda mempunyai sumber informasi tentang Lowongan Pekerjaan itu, lebih baik anda menuliskannya seperti pada contoh di atas. (at Jakarta Post ( April, 28, 2016))

3. Lampiran maksudnya adalah pada Paragraf Pembuka khususnya pada kalimat terakhir, anda dapat menulis tentang data diri anda secara detail/ spesifik pada sebuah lampiran/ dokumen yang anda sertakan bersamaan dengan Surat Lamaran yang anda buat (attached files of my CV and other required documents). Lampiran ini dapat berupa:
(CV) Curriculum Vitae/ Daftar Riwayat Hidup
Identity Card/ KTP
Certificate/ Ijazah
Photo/Foto
and many more
Maksud dari kalimat attached files of my CV and other required documents adalah selain CV anda melampirkan dokumen-dokumen anda yang lain. Dokumen-dokumen lain yang dimaksud seperti: Ijazah/ KTP/ Foto, dan lain-lain.
5. Body Paragraph/ Paragraf Isi
Contoh:
I graduated from Esa Unggul majoring in Management in 2013 and has experience in working for two years. I am capable of operating Word Processor, Excel, PowerPoint, MYOB, ZAHIR and a little bit about PhotoShop. I am very flexible with anyone besides me. I am responsible for my job, reliable, independent, discipline, as well as humorous. I have proved that my work during an employee was excellent.
Saya lulusan dari Esa Unggul jurusan Manajemen pada tahun 2013 dan memiliki pengalaman dalam bekerja selama dua tahun. Saya mampu mengolah Word Processor, Excel, Power Point, MYOB, ZAHIR dan sedikit tentang Photo Shop. Saya sangat fleksibel dengan siapa pun di samping saya. Saya bertanggung jawab dengan pekerjaan saya, handal, mandiri, disiplin, serta lucu. Saya telah membuktikan bahwa pekerjaan saya selama seorang karyawan sangat baik.
Simak bagian ini! Pada Paragraf Isi ada beberapa hal yang harus anda pahami.
1. Educational Background, maksudnya adalah pada bagian Paragraf Isi, anda dapat menulis tentang Latar Belakang Pendidikan Terakhir anda. Dalam contoh di atas (at Esa Unggul majoring at Management in 2013) adalah Latar Belakang Pendidikan Terakhir Pelamar/ Applicant.

2. Experience, maksudnya adalah pada bagian Paragraf Isi, anda dapat menuliskan tentang pengalaman anda bekerja. Pengalaman ini tidak wajib dituliskan apalagi bagi anda yang masih menjadi status Fresh Graduated/ Lulusan Baru. Tetapi apabila anda sudah memiliki banyak sekali pengalaman, seperti dalam contoh di atas (has experience in working for two years) maka sebaiknya anda menuliskan itu, karena untuk peluang anda akan di terima di perusahaan tersebut sangat besar. Ditambah lagi apabila anda memiliki skill/ kemampuan yang baik. Simak bagian ke-3 dibawah ini!

3. Skills, maksudnya adalah pada bagian Paragraf Isi, anda dapat menuliskan semua Kemampuan/ Skill dan Karakter yang anda miliki. Hal ini memudahkan anda untuk diterima di perusahaan yang anda lamar. Skill dalam contoh di atas (operating Word Processor, Excel, Power Point, MYOB, ZAHIR and a little bit about Photo Shop.) dan karakter dalam contoh di atas adalah (flexible with anyone beside me. I am responsible with my job, reliable, independent, dicipline, as well as humorous)

6. Closing Paragraph/ Paragraf Penutup
Contoh:
I hope that you will interview me to negotiate and investigate my skills and expertise as soon as possible.
Saya berharap bahwa Anda akan melakukan wawancara dengan saya untuk bernegosiasi dan menyelidiki keterampilan dan keahlian saya sesegera mungkin.
Simak bagian ini! Pada Paragraf Penutup hal yang harus anda perhatikan tidak lah terlalu rumit. Anda cukup menulis dengan harapan bahwa anda segera di-interview dan di-test secepatnya untuk mengetahui  seberapa hebat Kemampuan/ Skill yang anda miliki. Pada contoh di atas,(interview, negotiate, investigate my skills, as soon as possible) ini lah bagian terpenting tentang Paragraf Penutup/ Closing Paragraph.

7. Closing/ Salam Penutup
Contoh:
Thank you very much for your time and consideration.
Terima kasih banyak atas waktu dan pertimbangan anda.
Simak bagian ini! Pada Salam penutup ucapan “Terima Kasih” adalah hal yang harus ditulis. Dalam contoh diatas (Thank you very much for your time and consideration) ada 2 hal yang harus diwakilkan dalam ucapan Terima Kasih yaitu: Terima Kasih atas Waktu dan Terima Kasih atas Pertimbangannya.

7.1 Complimentary Close
Contoh:
Sincerely yours,

7.2 Sender’s Signature and Name
Contoh:
Romana Maya, S.M.

Contoh Application Letter
Application Letter 1

Jakarta, February 4th, 2019
General Television and Radio. Inc.
Jln. Jendral Sudirman No 342
JAKARTA 14700

Dear Sir,
I am writing this letter in response to your advertisement regarding Job Vacancy as General Manager published at Jakarta Post (January 28, 2019). I am interested in applying for that position. Please find attached files of my CV and other required documents.
I graduated from Esa Unggul majoring in Management in 2013 and has experience in working for two years. I am capable of operating Word Processor, Excel, PowerPoint, MYOB, ZAHIR and a little bit about PhotoShop. I am very flexible with anyone besides me. I am responsible for my job, reliable, independent, discipline, as well as humorous. I have proved that my work as an employee was excellent.
I hope that you will interview me to negotiate and investigate my skills and expertise as soon as possible.
Thank you very much for your time and consideration.
Sincerely yours,
Romana Maya, S.M.

Application Letter 2

Bandar Lampung, April 7th, 2018
IBI DARMAJAYA
Jln. Z.A. Pagar Alam No 93
Labuhan Ratu,
Bandar Lampung
Dear Sir,
I am writing this letter in response to your advertisement regarding Job Vacancy as Lecture published at Radar Lampung Post (March 30, 2018). I am interested in applying for that position. Please find attached files of my CV and other required documents.
I graduated at STKIP PGRI Bandar Lampung in 2008 and has experience in working for two years as a Teacher in Elementary School. I am capable of operating a computer, Word Processor, Excel, PowerPoint, and a little bit of PhotoShop. I am very flexible with anyone besides me. I am responsible for my job, reliable, independent, discipline, as well as humorous. I have proved that my work as a teacher was excellent.
I hope that you will interview me to negotiate and investigate my skills and expertise as soon as possible.
Thank you very much for your time and consideration.

Sincerely yours,

Rudolvus Budi Febriyanto, S.Pd.


Berikut adalah struktur application letter yang telah kalian pelajari diatas

Your Street Address
City, State Zip Code
Telephone Number
E-mail Address

Month, Day, Year

Name of Company
Mr./Ms./Dr. First Name Last Name
Street or P.O. Box Address
City, State Zip Code

Dear Mr./Ms./Dr. Last Name,

State why you are writing; how you learned the company or position and basic information about yourself.

Tell why you are interested in the employer or type of work the employer does.  Demonstrate that you know enough about the employer or position to relate your background to the employer or position. Mention specific qualifications which make you a good fit for the employer’s needs. Focus on what you can do for the employer, not what the employer can do for you. This is an opportunity to explain in more detailed relevant items in your resume. Refer to the fact that your resume is enclosed. Mention other enclosures if such are required to apply for a position.

Indicate that you would like the opportunity of an interview for a position or to talk with an employer to learn more about their opportunities or hiring plans. State what you will do to follow up, such as telephone the employer within two weeks. If you will be in the employer’s location and could offer to schedule a visit, indicate when. State that you would be glad to provide the employer with any additional information needed.
Thank the employer for her/his consideration.

Sincerely,

(Your handwritten signature)
[on hard copy]

Your name typed

To make you more understand about how to write an application letter, let us watch this video:

0 Comments